ARSITEKTUR CHINA
Arsitektur Cina mengacu pada suatu gaya arsitektur yang telah menjelma dan terwujudkan di Asia dalam berabad-abad yang lalu. Prinsip struktral dari Arsitektur Cina sudah tinggal dan bertahan sebagian besar tanpa perubahan, perubahan yang utama yang sedang hanya detil yang menghias. Karena sejak Dinasti Tang, Arsitektur Cina pasti mempunyai suatu pengaruh utama pada gaya Arsitektur Jepang, Korea, Taiwan dan Vietnam.

(gambar 1.1)
Halaman dalam kuil Cina

Kota terlarang Cina dilihat dari luar
Aula dan istana di dalam Kota besar yang terlarang, sebagai contoh, mempunyai pagu/langit-langit yang agak rendah manakala dibandingkan ke padanan bangunan yang mengesankan di dalam Arsitektur Barat, tetapi penampilan yang eksternal mereka cenderung alami dan menceritakan tentang Kerajaan. Ini tentu saja tidak berlaku bagi pagoda, yang setidak-tidaknya secara relatif jarang menampilkan kesan alam daerah China. Ide ini telah membuka jalan menuju Arsitektur Modern, sebagai contoh dapat kita lihat dalam melalui gambar 1.1 yang didesain oleh Arsitek Jørn Utzon.

Aula dari keselarasan yang tinggi pada Museum Istana (Kota terlarang ) dibanguan di Beijing

(gambar 1.4)
Bagian dalam Kota terlarang.
Bangunan Cina dapat dibangun baik dengan warna merah maupun batu bata abu-abu (lihat gambar 1.4), tetapi struktur kaku dari kayulah yang paling umum; karena kayu lebih mampu untuk menahan gempabumi, tetapi peka terhadap api. Atap Bangunan Cina pada umumnya dibengkokkan, ada penggolongan tegas tentang yang berbeda jenis nok atap, hampir sama dengan lapisan kayu tiang sejajar rancangan klasik Eropa.

Tampak depan tahta kerajaan di dalam Istana tentang Kemurnian Surgawi, tempat pemerintah sehari-hari dan penasehat kerajaan

(gambar 1.4b)
Tampak samping tempat tahta kaisar

(gambar 1.4c)
Salah satu dari banyak aula istana berisi tahta kerajaan kaisar
Warna-warna tertentu, angka-angka dan arah utama di dalam Arsitektur tradisional Cina mencerminkan kepercayaan di dalam masyarakat China, di mana sifat alami dari alam adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihubungkan dengan suatu prinsip atau Tuhan. Walaupun Tradisi Barat secara berangsur-angsur mengembangkan tubuhnya dari literatur Arsitektur. Tetapi sedikit sekali ditulis dalam sejarah China, dan teks yang paling awal, " Kaogongji", tidak pernah diperdebatkan. Bagaimanapun, gagasan tentang keselarasan kosmis dan order dari kota besar pada umumnya ditafsirkan pada paling dasar dari masyarakat cina, maka suatu reproduksi " yang ideal" kota besar tidak pernah hidup. Beijing yang direkonstruksi sepanjang 16th dan 15th adalah contoh yang baik dari perencanaan kota Cina tradisional.
Penggolongan struktur

(gambar 1.4)
Yu Bazaar.
Puncak atap Cina Selatan tradisional Jiangnan.
• lou ( Multistory bangunan)
• tai ( teras)
• ting ( paviliun)
• ge (Two-Story paviliun)
• ta ( Pagoda Cina)
• xuan (beranda dengan Jendela)
• xie ( Paviliun atau rumah teras)
• wu (Ruang sepanjang koridor)
ARSITEKTUR KERAJAAN

pekerjaan ubin atap kuning dan dinding merah gambaran kota besar terlarang terlihat dari bangunan di bawah salju.

(gambar 1.6)
Ukiran sembilan naga di dinding
Ular naga Cina, suatu simbol lencana yang disediakan dalam rejim kerajaan, berat dan digunakan pada arsitektur kerajaan letaknya pada atap, pada balok dan tiang, dan pada pintu (lihat gambar 1.6). Hanya bangunan yang digunakan oleh keluarga kerajaan yang diijinkan untuk mempunyai sembilan gan ( ruang antara dua kolom) hanya gerbang yang digunakan oleh Kaisar bisa mempunyai lima bangunan melengkung, dengan satu pusat, tentu saja yang disediakan untuk Kaisar.
ARSITEKTUR AGAMA

(gambar 1.7)
Longhua Pagoda di Shanghai, di bangun pada zaman tiga kerajaan.
Secara umum, Arsitektur Budha mengikuti gaya yang kerajaan Cina. Suatu Biara Budha yang besar secara normal mempunyai suatu medan aula, menempatkan patung Bodhisattva dalam aula agung, menempatkan patung Buddhas (lihat gambar 1.6)Menempatkan untuk biarawan dan biarawati di antara kedua sisi tempat tersebut. Biara Budha kadang-kadang juga mempunyai pagoda, yang mana boleh menempatkan barang peninggalan Dari Buddha Ghautama, pagoda yang lebih tua cenderung untuk ditempatkan di keempat sisi bangunan, sedang pagoda yang lainnya di tempatkan di delapan sisi bangunan.

(gambar 1.8)
Tempat dari 500 patung biarawan.

(gambar 1.7)
Patung penjaga kuil yang dipercaya bisa mengusir setan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar